Pemahaman Filosofi Sedulur Papat Lima Pancer ( selanjutnya disebut S45P ) ternyata mugkin bukan hanya milik bangsa Indonesia. Ada beberapa budaya yang ternyata “sama” apabila di kaitkan dengan S45P budaya Indonesia diawal cerita ini akan diungkap dengan pertanyaan "adakah hubungannya dengan simbol "tertua" (+ dan *) sebagai the secret symbol of Solomon"
 
S45P dalam budaya dunia
Contohnya dari Yunani:
Yang bikin Zeus punya hak merintah Olympus adalah jasanya yaitu, mengalahkan 4 Titan (terdiri dari tanah, air, api dan angin) dengan mengunci mereka pada tempatnya masing2.
 
Contoh lagi dari Cina:
Journey to theWest, menceritakan perjalanan biksu yang lemah tak berdaya bersama 4 muridnya yang siluman sakti mandraguna (Gokong, Patkay, Sachen dan Lungma) ke Barat mencari kitab suci.
 
Contoh dari wayang:
Kereta Sri Kresna yang ditarik oleh 4 kuda (merah, hitam, kuning dan putih) saat perang Baratayudha.
Contoh dari Republik tercinta:
Bahwa filosofi sadulur papat lima pancer secara tidak langsung oleh Bung Karno telah dijadikan "Icon" Falsafah Sakti Bangsa Indonesia.
 
Pancasila, dengan bintang ditengah, dikelilingi 4 lambang (rantai, beringin, kepala banteng dan padikapas) pada empat sudutnya.
 
Semuanya melambangkan hal yang sama:
4 kekuatan dipimpin oleh 1 kebijaksanaan.
4 kekuatan dilambangkan dengan 4 anasir: api-air-angin-bumi
1 kebijaksanaan dilambangkan petir/listrik
Suro-Diro-Joyo-Ningrat masih kalah sama Pangestuti kan?
 
Setau saya ini bukan hanya menyangkut hal yang gaib, tapi yang ilmiah juga:
Bukankah kemajuan teknologi jadi luar biasa setelah menggunakan listrik sebagai daya?
Ini juga berhubungan dengan fisiologi manusia: Tahukah bahwa sistem syaraf (yang menggunakan lompatan listrik sebagai sinyal) adalah yang terakhir berhenti berfungsi saat manusia mati?
Makanya dipake kejutan listrik waktu jantung berhenti?
 
mengerti S45P berarti mengenali diri, mengenali alam semesta, dan mengenali sang pencipta
menguasai S45P berarti mampu menjalankan satu-satunya tugas manusia di dunia, menyempurnakan akal untuk menjadi kalifatul-fil-ardh (pemimpin dunia) dan gambar2 simbol inilah untuk bahan renungan.
http://syangar.bodo.blogspot.co.cc
http://jalanpincang.com/?p=1676